Rabu, 17 Agustus 2011

Kurangi Kemiskinan, Kemenhut Bakal Sediakan Lahan

JAKARTA - Untuk mengurangi angka kemiskinan dan memberikan pekerjaan pada masyarakat miskin di daerah, pemerintah melalui Kementerian Kehutanan akan menyediakan lahan bagi masyarakat miskin untuk mengolah hutan yang rusak dengan tanaman-tanaman pangan.

Hal tersebut disampaikan Sekjen Menteri Kehutanan, Hadi Daryanto, dalam paparnya di acara Indonesia International Confrence Focus on Indonesian Economy 2011, di Hotel Shangri La, Jakarta, Kamis (21/7/2011).

Menurutnya, salah satu jalan untuk memperbaiki hutan dan agar masyarakat tidak merusak hutan adalah memberi akses kepada masyarakat untuk mengelola hutan. "Dari pada masyarakat membuka lahan baru dengan merusak hutan lebih baik kita berikan lahan hutan yang rusak untuk diolah," ungkapnya.

Daryanto menjelaskan, selain memberikan lahan bagi masyarakat miskin, pihaknya juga memberikan dana untuk masyarakat dalam mengelola hutan tersebut. "Saat ini tidak ada bank yang ingin memberikan kredit kepada sektor pertanian atau kehutanan," ujarnya.

Selain dana, pihaknya juga akan memberikan pelatihan dalam mengelola pertanian secara baik dan benar. Hal tersebut agar menghasilkan hasil panen yang berkualitas sehingga mampu meningkatkan taraf hidup mereka.

"Diharapkan dapat menghasilkan sesuatu yang berkualitas, sehingga bisa meningkatkan taraf hidup," tutupnya.
(ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar